Sabtu, 14 Februari 2015

Seandainya Kalian Tahu Keistimewaan al Azhar

Shaikh Jamal Farouk Ad-Daqqaq Al-Hasany. Seorang ulama spesialis ilmu qiraat, yang telah lebih dari 25 kali mengkhatamkan 10 Qiraah Al-Quran kepada shaikh Abdul Hakim. Dan seorang ulama spesialis Ilmu Kalam/Tauhid. Dan yang lebih dari itu, nasab beliau berujung kepada sayyidina Hasan ra.


Satu tahun silam di Dar El-Ifta, beliau pernah berkata:

"Seandainya kalian tahu akan keistimewaan Masjid Al-Azhar, kalian akan berbondong-bondong untuk memasukinya, sekalipun dikenakan tiket Le 1000 (+/- Rp 2juta)."

Kami pun penasaran. Kemudian, kami bertanya - dengan sedikit memaksa - kepada beliau:

"Apa keistimewaannya wahai shaikh..???"

Pertanyaan itu pun kami ulang-ulang, sampai kemudian beliau menjawab: "Tempat shaikh Ahmad Dardir mengimami salat."

Salah satu dari kami pun bertanya lagi: "Di mana letaknya wahai shaikh...?"

Salah seorang teman dari Aljazair menjawab: "Di tempat shaikh Thaha Rayyan memberikan pengajian..."

Shaikh Jamal Farouq menjawab: "Iya, di sana. Dan shaikh Thaha Rayyan itu seorang yang alim dan dekat ke derajat wali..."

Dan kami pun saling berbisik dg tersenyum: "لا يعرف الولي إلا الولي"

Kemudian, beliau langsung meninggalkan kami, karena kelas tauhid kitab "Syarh shaikh Abdussalam atas Jauharat Tauhid" telah selesai untuk hari itu.

===========================
Semoga Allah swt. selalu menganugerahi beliau kesehatan dan keistaqahaman, serta kekuatan untuk menjalankan amanah sebagai Dekan Fakultas Dakwah - Univ. Al-Azhar. Allahumma Amien. Alfatihah.

Terlebih kita semua, semoga mendapatkan berkah, hidayah, dan petunjuk jalan Allah swt. melalui Rasulullah saw. dan keluarganya ra., serta para sahabatnya ra. Allahumma amien.
وصلى الله على سيدنا محمد، وعلى آله وصحبه وسلم تسليما كثيرا

Ust. Azka Fuady
--------
Baru saja beliau, Dr. Jamal Faruq, ditunjuk menjadi Dekan Fak. Dakwah oleh pihak Rektor dan Grand Syekh al-Azhar. Semoga kemanfaatan semakin melimpah ruah. Amiin